Cara Memilih Hosting untuk Toko Online


Website E-Commerce berfungsi menjual produk dagangan kita langsung ke masyarakat luas versi online. Target penjualannya yaitu para pengguna internet dan pencari informasi dengan mengandalkan mesin pencari untuk membantu mencari produk yang hendak dibeli dan tempat jualannya. Website toko online besar di dunia adalah e-Bay, Zappos, dan Amazon. Bisnis atau usaha kecil juga sekarang makin marak terjun ke e-Commerce menggunakan toko online (web store).

Memilih Nama Domain

Sebelum membuat website toko online hal pertama yang harus anda dipikirkan adalah Nama Domain. Pikirkan nama yang sesuai dan masih terkait langsung dengan produk yang akan anda jual. Pikirkan juga cara memilih kata kunci apa yang banyak orang cari dan banyak diketik orang di mesin pencari saat membutuhkan informasi produk anda.

Nama domain dan layanan hosting gratis yaitu menggunakan blog platform blogspot dari Blogger (milik Google). Namun, jika toko online yang ingin anda kembangkan terlihat profesional, belilah domain berbayar dengan harga umum biasanya 100 ribu per tahun. 

Siapkan juga cadangan nama untuk mengantisipasi kalau nama domain yang Anda inginkan sudah digunakan oleh orang lain. Paling baik pilih 1 kata atau 2 kata yang mudah di ingat. Jika sangat terpaksa bisa 3 kata. Saya ambil contoh : batik.com atau batikmurah.com atau pilihan terpaksa batikmurahbanget.com

Tips Memilih Nama Domain

1. Nama domain harus mudah di ingat dan mudah di eja.
2. Jika domain yang anda gunakan lebih dari 1 kata, gunakan saja strip “-” atau “.” (titik) atau kombinasi keduanya.
3. Jangan pernah gunakan garis bawah “_” atau underscore, karena  mesin pencari tidak akan bisa mengindeks text dengan tanda tersebut.
4. Untuk ekstensi, paling di rekomendasikan .com (dot com) agar lebih terlihat profesional. Atau jika anda sudah mempunyai PT sendiri, anda bisa gunakan domain .co.id yang lebih dipercaya oleh masyarakat. Pilihan lainnya yaitu .net (dot net), .org (dot org), .info (dot info) dan .biz (dot biz).


Memilih dan Menyewa Layanan Hosting

Untuk point yang ketiga anda bisa memilih dan menyewa Hosting. Layanan hosting merupakan penyedia Bandwidth dan Disk Space karena semua konten website disimpan di server Host dari penyedia yang ada.
  • Disk Space adalah ‘size’ atau daya tampung website. Misalnya size blog 1MB, berarti memungkinkan Upload gambar (ukuran 100kb) sebanyak 10 gambar, size lain 100MB, 1GB et cetera.
  • Bandwidth adalah jumlah data pada server yang dapat dikirimkan dalam sebulan. Ketika pengunjung membuka website, berarti server Anda mengirim data blog ke visitor. Artinya, semakin banyak visitor, quota Bandwidth semakin berkurang. Jika quota habis, website tidak bisa diakses.
  • Biaya sewa Hosting tergantung kapasitas Bandwidth dan Disk Space. Idealnya kapasitas bandwidth tidak terbatas.

Layanan Hosting Profesional

Saya akan berikan syarat dan bahan pertimbangan untuk anda yang baru akan menyewa web hosting untuk website toko online yang akan anda bangun. Saya sarankan anda membeli hosting berkualitas dan domain murah melalui link ini.

1. Customer Support, bisa dihubungi kapan saja 24 jam sehari via telepon, email atau chatting.
2. Fasilitas Backup, untuk antisipasi data hilang sehingga bisa dipulihkan dalam sekejap.
3. Jaminan Uptime, sehingga website tetap online apapun yang terjadi. Hosting profesional dilengkapi sejumlah lokasi server cadangan.
4. Layanan Blog
5. Membeli paket murah harus ada layanan Upgrade dengan biaya tidak besar.
6. Ada aturan tertulis prosedur pengalihan domain ke Web Hosting lain (agar tidak dipersulit).

Demikian cara memilih hosting untuk web toko online. Semoga bisa membantu anda sekaligus menjadi bahan referensi untuk siap dengan segala sesuatunya guna membuat toko online yang sukses.

0 Response to "Cara Memilih Hosting untuk Toko Online"

Post a Comment